Rumah Sakit Khusus Bedah Ring Road Selatan

Survei Akreditasi oleh KARS 29-31 Juli 2015

Survei Akreditasi Rumah Sakit Khusus Bedah Ring Road Selatan

tanggal 29-31 Juli 2015 oleh KARS

 

Setelah kurang lebih mempersiapkan diri selama 1,5 tahun, akhirnya pada tanggal 29-31 Juli 2015 Rumah Sakit Khusus Bedah (RSKB) Ring Road Selatan menjalani Survei Akreditasi KARS. Survei ini dilakukan 3 orang dari Komite Akreditasi Rumah Sakit (RSKB) yaitu : dr. Wibisono, Sp.S ; dr. Sugeng Ristanto, MARS ; dan DR. Kemala Rita, S.Kep, Ns, SpOnk, ETN, MARS.

berfoto bersama sebelum dimulainya akreditasi

(berfoto bersama sebelum dimulainya akreditasi)

 

Hari pertama survei dimulai pukul 08.00. setelah berfoto bersama, rombongan dan tim RSKB menuju aula untuk dilakukan pembukaan. Pembukaan berisikan perkenalan surveior dan perkenalan pihak rumah sakit, pemaparan etika survei, penjelasan jadwal acara survei. Acara ini dilanjutkan dengan presentasi direktur mengenai mutu dan keselamatan pasien. Siang hari nya dilakukan telaah dokumen. Telaah dokumen dilakukan per pokja dengan dibagi menjadi 3 yaitu medis, keperawatan, dan manajemen rumah sakit. Sembari menunggu surveior yang belum selesai melakukan telaah dokumen, surveior lain turun ke bawah dan melakukan telusur lapangan hingga sore hari ditutup pukul 16.00.

 surveior KARS ki-ka : dr. Sugeng Ristanto, MARS, dr. Wibisono, SpS, dan DR.Kemala Rita, S.Kp,SpOnk, ETN, MARS

(Surveior KARS ki-ka : dr. Sugeng Ristanto, MARS, dr. Wibisono, SpS, dan DR.Kemala Rita, S.Kp,SpOnk, ETN, MARS)

 

Telusur Dokumen Medis oleh dr. Wibisono, Sp.S

(Telusur Dokumen Medis oleh dr. Wibisono, Sp.S)

 

Telusur Lapangan oleh dr. Sugeng Ristanto, MARS

(Telusur Lapangan oleh dr. Sugeng Ristanto, MARS)

 

Hari kedua kembali dimulai sejak pukul 08.00 diawali dengan presentasi dan Surveior KARS mengenai apa yang ditemukan selama telaah dokumen dan telusur lapangan. Pihak rumah sakit memiliki kesempatan untuk melakukan klarifikasi mengenai hal hal temuan tersebut. Kemudian acara dilanjutkan dengan telusur individu, telusur lapangan dan pada sore hari dilakukan presentasi dari RS mengenai FMEA, Pedoman Praktik Klinis, Manajemen Risiko dan Insiden Keselamatan Pasien yang terjadi dan dilakukan di RSKB Ring Road Selatan. Acara kemudian ditutup pada pukul 16.00

Hari ketiga, para surveior datang dengan wajah yang lebih rileks dan karyawan pun juga lebih rileks karena kegiatan pada hari ke tiga lebih santai dan sedikit dibandingkan hari pertama dan kedua. Acara pertama seperti biasa adalah klarifikasi dan masukan oleh tim surveior KARS dan pihak RSKB Ring Road Selatan dilanjutkan dengan wawancara pimpinan rumah sakit yang pada acara ini diwakili oleh dr. Danarto, Sp.B, Sp.U (Lembaga Medis Surgica), dr.Sulistyowati, MS,MPd (Direktur RSKB Ring Road Selatan), dr. Puty Lestari (Wadir YanMed), Shofia Wijayanti, S.Farm, Apt (Wadir Keu dan Non Medis), dan dr. Sekar Kumalasari serta Denny Kusumastuti, S.Kep,Ns (Komite Keperawatan). Setelah itu dilanjutkan dengan telusur KPS disertai dengan wawancara bagi karyawan yang dipilih oleh surveior. Acara ditutup dengan exit conference pada pukul 16.00 dan dilanjutkan dengan pemberian cindera mata oleh RSKB Ring Road Selatan berupa kerajinan tangan dan makanan khas yogyakarta.

Demikian acara survei akreditasi RSKB Ring Road Selatan. Tenaga, pikiran dan waktu telah dicurahkan oleh para karyawan demi kelancaran survei ini. Perjuangan dan doa dari segenap karyawan rumah sakit semoga membuahkan hasil yang baik juga yaitu RKSB Ring Road Selatan terakreditasi KARS. Akreditasi LULUS...!

 Perpisahan dengan Surveior KARS

(Perpisahan dengan Surveior KARS)

Copyright © 2017 Rumah Sakit Khusus Bedah Ring Road Selatan. All Rights Reserved.
Joomla! is Free Software released under the GNU General Public License.

Rumah Sakit Khusus Bedah Ringroad Selatan